Bayar lebih sedikit untuk mendapatkan lebih banyak | Philippe Maupas, CFA

Selama kampanye presiden 2007 Nicolas Sarkozy, ada yang terkenal “Bekerja lebih banyak untuk mendapatkan lebih banyak”. Pukul sudut akal sehat. Meritokratis. Berdampak.

Ada cara lain untuk mendapatkan lebih banyak adalah dengan membayar lebih sedikit. Di tengah pandemi, misalnya, tangki bensin yang sama lebih murah. Tapi itu siklus.

Cara struktural untuk menghasilkan lebih banyak sambil membayar lebih sedikit adalah dengan memasukkan produk investasi yang lebih murah ke dalam portofolio keuangan.

Kebenaran revolusioner ini adalah lembaga yang paling tidak revolusioner di Prancis yang menjadikannya sebagai pemberita: Senat, yang komite keuangannya baru saja menerbitkan laporan tentang perlindungan penabung, dalam judulnya kami menemukan slogan “Bayar lebih sedikit untuk menghasilkan lebih banyak”.

Revolusioner. Itu adalah waktu.

Para senator menempatkan laporan mereka di bidang daya beli: menurut mereka, “penabung tidak boleh dibatasi oleh pasar tabungan yang terlalu captive dan kurang menguntungkan. »Diantre. Terlalu captive pasar?

Dwight D. Eisenhower, sebelum menjadi Presiden Amerika Serikat ke-34, adalah salah satu jenderal terbesar Angkatan Darat AS. Terlepas dari masa lalu militer ini, ia menyebut dalam pidatonya di akhir mandatnya yang disiarkan di televisi pada 17 Januari 1961 sebuah ancaman internal yang besar: kompleks industri-militer (kompleks industri militer).

Ada kompleks industri bank dan perusahaan asuransi di Prancis, yang mengendalikan sebagian besar distribusi produk investasi dan terus mendaftarkan produk yang dikelola secara aktif dengan biaya tinggi agar dapat memberi imbalan pada jaringan distribusi melalui retrosesi.

Retrosesi yang menurut laporan Senat mendorong “distributor untuk” […] mengorientasikan [l’épargnant] ke produk dengan tingkat komisi tertinggi. »

Kompleks ini mencegah pengembangan manajemen indeks berbiaya rendah, yang akan memulihkan daya beli para penabung. Untuk mendapatkan lebih banyak sambil membayar lebih sedikit.

Revolusioner, tapi jangan terlalu banyak : komite keuangan tidak melangkah lebih jauh dengan menyarankan larangan retrosesi (tidak lebih dari AMF dalam hal ini), tetapi meminta konsekuensi dari kemungkinan larangan dipelajari.

Di sisi lain, dia meminta larangan penjahat khas Prancis, yaitu komisi gerakan. Setelah mengikuti audisi, saya bisa mengatakan semua hal buruk tentang itu. Saya sangat senang telah didengar dan akan lebih (bahagia) ketika AMF telah mengakhiri rasa malu nasional ini.

Laporan Senat, setelah mengilustrasikan bobot biaya dalam jangka panjang, menyimpulkan bahwa “setiap pengurangan biaya, bahkan dalam urutan beberapa sepersepuluh poin persentase, akan menghasilkan keuntungan beberapa ribu euro untuk penabung jangka panjang. . “

Bruno Le Maire, Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Pemulihan, juga kesal dengan tingginya biaya untuk Dana Pensiun:

Saya menganggap pelaku pasar mengambil komisi yang berlebihan dibandingkan dengan apa yang perlu dilakukan.

Harus dikatakan bahwa perancang produk memiliki tangan yang sangat berat, dengan asumsi bahwa daya tarik keuntungan pajak membuat penabung sedikit melihat biaya.

Laporan Senat berbicara tentang “kebutaan pajak” dan merekomendasikan membuat daftar produk indeks berbiaya rendah wajib di semua produk tabungan yang diuntungkan pajak.

Tidak ada persaingan di pasar tabungan di Prancis. Sistem retrosesi memperlambat biaya karena tidak ada pemangku kepentingan yang berkepentingan. Baik manajemen perusahaan, maupun kompleks perbankan-asuransi, maupun penjual produk.

Jika kunci tidak melompat, Boursorama dan BlackRock akan membuat semua orang setuju dengan mereka PER dengan biaya tahunan kurang dari 1%.

Bayar lebih sedikit untuk mendapatkan lebih banyak, kebenaran yang kuat yang waktunya telah tiba.

Kolom ini awalnya muncul di edisi November 2021 Manajemen kekayaan, tanpa ilustrasi, catatan kaki, atau tautan.

Ilustrasi : Kebebasan Memimpin Rakyat (1830) – Eugne Delacroix – Museum Louvre

Author: wpadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *