Melayani dua tuan? | Philippe Maupas, CFA

Dalam Matius 6:24 dikatakan bahwa “tidak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena dia akan membenci yang satu dan mencintai yang lain; atau dia akan berpegang teguh pada yang satu dan membenci yang lain. Anda tidak dapat melayani Tuhan dan mamon. “

Jack Bogle (1929-2019), pendiri Vanguard, sangat mengenal Injil, dan khususnya ayat terkenal ini yang sering ia terapkan pada sektor manajemen.

Jack Bogle (sumber Bogleheads.com)

Menurutnya, manajemen perusahaan melayani dua tuan: pemegang saham dan pemegang dana. Dan ketika ada konflik antara dua loyalitas, umumnya pemegang saham yang menang, bukan pemegang dana.

Kecuali jika manajemen perusahaan menempatkan kewajiban fidusianya kepada pemegang dananya di atas.

Menurut Bogle, kewajiban fidusia, yang dihasilkan dari lebih dari 8 abad hukum umum Inggris, menetapkan bahwa “pemberi fidusia bertindak setiap saat untuk satu-satunya keuntungan dan untuk kepentingan tunggal [de ses clients], setia pada kepentingan ini. Seorang fidusia tidak boleh menempatkan kepentingan pribadinya di atas kewajibannya, dan – ini penting – tidak boleh menempatkan dirinya dalam situasi di mana kewajiban fidusianya kepada kliennya bertentangan dengan kewajiban fidusianya kepada kliennya. kesatuan. “

Oleh karena itu, seorang master tunggal.

Bogle memecahkan kuadrat lingkaran dengan memberi Vanguard undang-undang mutualis ketika dibuat pada tahun 1975: perusahaan dimiliki oleh dana yang dikelolanya, oleh karena itu, secara tidak langsung, oleh pemegang dana ini. Tidak ada pemegang saham yang harus dibayar, skala ekonomi yang dicapai berkat pertumbuhan outstanding dikembalikan kepada pemegang dana dalam bentuk biaya manajemen yang lebih rendah.

Berapa banyak perusahaan manajemen yang mengikuti contoh Vanguard? Tidak ada sepengetahuan saya.

Di antara penasihat keuangan di Amerika Serikat, ada dua keluarga utama: penasihat investasi terdaftar (RIA), yang tunduk pada kewajiban fidusia dan pedagang perantara, yang hanya perlu memastikan kecukupan produk yang dijual kepada klien mereka (“standar kesesuaian”) .

Tebak apa? Ada sekitar 13.500 RIA di bawah status fidusia, dibandingkan dengan hampir 620.000 broker-dealer, tergantung pada kesesuaian standar.

Robinhood, aktor keuangan terkenal -2,0 di Amerika Serikat, dibius dengan amfetamin stok meme, opsi dan cryptocurrency, baru-baru ini membayar dua denda: satu ke SEC, dalam jumlah $ 65 juta, yang lain ke FINRA, regulator broker-dealer, dalam jumlah 70 juta dolar.

Alasan ? Informasi yang salah atau palsu, penyembunyian, infrastruktur teknis yang tidak dapat diandalkan.

Antara pemegang saham dan penggunanya, Robinhood telah memilih tuannya: pemegang sahamnya. Sambil membanggakan diri pada demokratisasi akses ke pasar keuangan dan memungkinkan “kecil” untuk membalas dendam pada “besar”.

Di Prancis, jika kita tidak memiliki yang setara dengan Robinhood, kita memiliki bank, yang sejak arahan pertama MiFID tidak lagi mendukung individu dalam hal investasi berisiko; perusahaan asuransi yang memasarkan kontrak asuransi jiwa, yang biayanya tidak turun meskipun terjadi pertumbuhan reguler dalam outstanding dan unit referensi yang mengalami kecelakaan likuiditas parah tanpa memberikan penjelasan kepada pemegang polis; dan “penasihat” keuangan.

Menurut AMF, 94% dari penasihat investasi keuangan ini telah memilih untuk tidak independen dalam arti MiFID2, yaitu untuk melayani dua tuan: klien mereka – yang tidak membayar mereka secara langsung – dan pemasok. layanan – yang membayar mereka komisi.

Hasil: hampir tidak ada kompetisi, biaya tidak turun dan biaya penabung Prancis tinggi.

“Tidak ada yang bisa mengabdi kepada dua tuan.” Karena, atau dia akan membenci yang satu, dan mencintai yang lain; atau dia akan berpegang teguh pada yang satu, dan membenci yang lain. »

Solusi sederhana untuk melayani hanya satu tuan? Tagih saran secara terpisah.

Kolom ini awalnya muncul di edisi September 2021 Manajemen kekayaan, tanpa ilustrasi, catatan kaki, atau tautan.

Foto Andrew Karn pada Hapus percikan

Author: wpadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *