Larry menulis | Philippe Maupas, CFA

Larry adalah Larry Fink, penguasa dunia keuangan. Dia memimpin BlackRock, perusahaan manajemen terbesar di dunia, yang pada akhir tahun 2021 menaklukkan 10.000 pertama: lebih dari 10.000 miliar dolar aset yang dikelola atas nama pihak ketiga.

Sebagai penguasa dunia, Larry memiliki kebiasaan menulis setahun sekali untuknya topik rekan-rekan, manajer perusahaan yang terdaftar.

Surat itu, yang dikirim pada awal tahun, ditunggu dengan tidak sabar seperti surat tahunan dari warren buffett kepada pemegang saham Berkshire Hathaway di Amerika Serikat atau novel tahunan karya Amélie Nothomb (yang terakhir baik-baik saja) di Prancis.

pada tahun 2020, seperti Paul dalam perjalanan ke Damaskus, Larry Fink mendapat wahyu: manajemen aset harus berkelanjutan dan bertanggung jawab untuk melawan efek pemanasan global, yang menjadi risiko Pengelola Keuangan besar.

Dalam hal investasi, kami percaya bahwa portofolio yang mengintegrasikan keberlanjutan dan isu-isu terkait iklim dapat menawarkan kinerja penyesuaian risiko yang lebih baik kepada investor. Mengingat meningkatnya dampak pembangunan berkelanjutan pada kinerja, kami percaya bahwa investasi berkelanjutan sekarang merupakan jaminan terbaik dari kekokohan untuk portofolio klien.

pada tahun 2021, Fink mengumumkan bahwa BlackRock membuat komitmen untuk mencapai nol emisi gas rumah kaca paling lambat pada tahun 2050 dan menginstruksikan topik rekan-rekan untuk melakukan hal yang sama.

Bahkan jika BlackRock dikonversi ke keuangan berkelanjutan, planet ini akan diselamatkan, pencemar buruk tidak akan lagi dibiayai, arus modal akan mengalir tak tertahankan menuju aktor yang berbudi luhur.

Tahun lalu, BlackRock mendapat banyak kritik, termasuk dari Tariq Fancy, mantan CIO investasi berkelanjutannya (saya membicarakannya di sini) dan diselidiki oleh wartawan dari Bloomberg menunjukkan bagaimana perusahaan memberi dorongan besar pada nasib dengan secara resmi memperkenalkan dana LST ke dalam portofolio modelnya di AS (saya sudah membicarakannya menjadi).

Tapi di atas segalanya seorang senator Republik dari Florida, Mark Rubio mulai mencerca perusahaan-perusahaan Amerika tertentu yang ingin berkembang di Cina, musuh bebuyutan Rubio, yang menganggap perusahaan-perusahaan ini sedikit terlalu bangun. Dan itu, bahkan jika BlackRock tidak disebutkan dalam kolom Rubio, yang terutama menyerang Marc Zuckerbeg dari Meta Platforms (sebelumnya Facebook), buruk untuk bisnis.

BlackRock juga secara teratur dipilih untuk cara dananya memberikan suara pada rapat umum: hampir secara sistematis mendukung resolusi yang diajukan oleh dewan direksi dan hampir tidak pernah untuk resolusi yang mendukung iklim.

Sangat penting untuk memperbaiki situasi pada tahun 2022 dan menghilangkan kesalahpahaman: bukan tugas BlackRock untuk menyelamatkan planet ini. Alasan utama perusahaan adalah untuk memuaskan pemegang saham mereka.

Surat tahun 2022 itu berjudul “ Kekuatan kapitalisme pemangku kepentingan (“kapitalisme pemangku kepentingan”). Kapitalisme pemangku kepentingan versus kapitalisme pemegang saham.

Kami akan mencatat dengan terkejut (atau tanpa, itu adalah masalah sudut pandang) bahwa judul dalam bahasa Inggris adalah ” Kekuatan Kapitalisme“. Tidak ada pemangku kepentingan dalam versi asli, bahkan jika mereka disebutkan di badan surat.

Surat 2022 adalah tambal sulam basa-basi di sekitar pesan utama: perusahaan, perlakukan semua pemangku kepentingan dengan baik, karena itu baik untuk Anda dan kami.

Kapitalisme pemangku kepentingan bukan tentang politik. Ini bukan program sosial atau ideologis. Ini bukanlah kapitalisme yang “benar secara politis”. Ini kapitalisme berdasarkan hubungan yang saling menguntungkan antara Anda dan karyawan, pelanggan, pemasok, dan komunitas tempat bisnis Anda bergantung makmur. Di sinilah letak kekuatan kapitalisme.

Pemangku kepentingan yang diperlakukan dengan baik adalah sapi yang dijaga dengan baik (yaitu harga saham Anda akan mencerminkan hasil yang baik Anda BlackRocki).

Di BlackRock, kami ingin perusahaan tempat kami berinvestasi untuk klien kami berkembang dan tumbuh untuk memberikan kinerja yang menarik selama beberapa dekade mendatang.

Keberlanjutan (masih) tidak absen dari surat 2022.

Semua bisnis dan sektor akan diubah oleh transisi ke dunia tanpa emisi bersih. Pertanyaannya adalah apakah Anda akan menjadi pemimpin atau pengikut.

Dan untuk memuaskan Senator Rubio, pengakuan ini yang seharusnya menghilangkan kesalahpahaman (cetak miring ditambahkan oleh saya untuk penekanan):

Kami fokus pada keberlanjutan bukan karena keyakinan tetapi karena kewajiban kesetiaan, kewaspadaan, dan kehati-hatian untuk membela kepentingan klien kami dengan sebaik-baiknya.

Akhirnya, ini:

Divestasi seluruh petak ekonomi, atau hanya mengalihkan aset padat karbon dari publik ke pasar swasta, tidak akan membuat planet ini menjadi nol bersih. BlackRock tidak memiliki kebijakan divestasi yang sistematis dari perusahaan minyak dan gas.

Namun sangat nyaman untuk berpikir bahwa saya berkontribusi pada dunia yang lebih baik dengan membeli produk iShares ESG Aware, yang memungkinkan saya untuk terus mengemudikan SUV saya dan sering terbang ke Ibiza untuk akhir pekan dengan hati nurani yang baik.

Saya harus menemukan sesuatu yang lain untuk menjernihkan hati nurani saya.

Saya berharap surat ini akan mengurangi jumlah greenwashing yang tidak senonoh dari banyak perusahaan manajemen. Manajemen aset memiliki peran untuk dimainkan dalam membantu menyelamatkan planet ini (saya menggunakan ungkapan ini karena tidak ada istilah yang lebih baik, ia memiliki kelebihan karena mudah dimengerti), tetapi tidak boleh melebih-lebihkan dampak sebenarnya, yaitu untuk saat yang sangat sederhana. .

Batubara adalah musuh. Pencucian hijau juga.

Untuk menerima, seperti 147 pelanggan, pemberitahuan setiap kali posting baru diterbitkan, isi formulir pendaftaran yang akan Anda temukan di bagian bawah setiap halaman situs ini.

Foto Alvaro Serrano pada Hapus percikan

Author: wpadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published.