Lebih hijau dariku, kamu sekarat | Philippe Maupas, CFA

Ketika saya berpikir tentang rencana penyelamatan manajemen aktif, diserang dari semua sisi oleh manajemen indeks berbiaya rendah, saya mengucapkan dua mantra:

  • Masa depan adalah tema.
  • Masa depan adalah ESG.

Dalam hal apapun di Eropa. Memang, jika manajemen indeks sudah dominan di Amerika Serikat pada dua pasar ini, manajemen aktif masih dominan di Eropa.

Ketika berbicara tentang ESG, jin sudah keluar dari botol dan tidak diharapkan ada di dalamnya dalam waktu dekat. Narasi yang mendukung ESG memang sangat meyakinkan: kelangsungan hidup umat manusia bergantung padanya! Selamatkan planet ini dengan investasi kami! Mari kita batasi pemanasan global!

Di bawah pengaruh negara atau struktur supra-negara, terutama di Eropa, investor institusional semakin didorong untuk mengintegrasikan kriteria LST ke dalam strategi investasi mereka.

Pemasok produk institusi, seperti perusahaan manajemen aset, dipaksa untuk mengikuti dan, dalam jumlah yang meningkat, beralih ke investasi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

“Kami telah menempatkan ESG di jantung proses investasi kami. “

“Kami menjadikan keberlanjutan sebagai prioritas utama tim manajemen kami, dan ESG merupakan bagian integral dari DNA kami. “

Dan terlalu sering berbicara menyiratkan hubungan mekanis antara penyimpanan dana yang dikelola menurut kriteria LST (apakah itu Pasal 8, yang akan menjadi standar minimum untuk dipertimbangkan oleh lembaga tertentu, atau Pasal 9, yang paling akhir. ultra dalam hal LST menurut peraturan SFDR) dan dampak positifnya terhadap planet ini.

Lebih hijau dariku, kau sekarat.

Tapi ini dia, kadang-kadang ada jalan panjang dari luka ke bibir, dan beberapa episode baru-baru ini meninggalkan rasa greenwashing yang nyata di mulut.

Itu dimulai dengan Tariq Fancy, yang dari Januari 2018 hingga September 2019 Direktur Investasi Berkelanjutan Batu hitam. Pada bulan Februari 2021, dia membiarkan masuk sebuah kronik diterbitkan oleh harian Amerika Serikat Hari Ini, di mana ia menegaskan bahwa Wall Street melihat ESG sebagai operasi hubungan masyarakat raksasa dan terlibat dalam pencucian hijau.

Dia memperburuk kasusnya dengan menerbitkan pada Agustus 2021 serangkaian 3 posting di situs Medium, Buku Harian Rahasia ‘Investor Berkelanjutan’, menceritakan dari dalam ke luar bagaimana mesin penjualan BlackRock meminta manajer ESG untuk menyampaikan pembicaraan sederhana kepada klien: “Beri tahu mereka bahwa ETF rendah karbon kami memiliki jejak karbon yang lebih rendah daripada produk pesaing, tidak lebih.”

Sementara Fancy ingin mencoba menjelaskan mekanisme yang dapat dilakukan oleh portofolio rendah karbon mungkin berkontribusi untuk memperbaiki situasi planet ini.

Itu berlanjut pada Agustus 2021 ketika kami sedang belajar berbicara Jurnal Wall Street bahwa SEC di Amerika Serikat dan Bafin di Jerman telah membuka penyelidikan terhadap DWS, anak perusahaan manajemen aset Deutsche Bank, yang dicurigai telah melebih-lebihkan dalam laporan tahunan 2020-nya proporsi aset yang dikelola menurut kriteria ESG.

Lebih hijau dariku, kau sekarat.

Adapun dana ekuitas ESG, salah satu janjinya adalah berinvestasi di perusahaan yang berjuang melawan pemanasan global, itu juga tidak bagus.

Peta Pengaruh, sebuah perusahaan Inggris, mengidentifikasi dan menganalisis 723 dana, termasuk 593 dana ESG dan 130 dana iklim, untuk menghitung keselarasannya dengan tujuan perjanjian Paris (membatasi pemanasan rata-rata hingga 2 ° C pada akhir abad ini).

Hasil ? 71% dana ESG dan 55% dana iklim memiliki skor keselarasan negatif.

Lebih hijau dariku, kau sekarat.

Sangat mungkin bahwa memiliki dana yang mengadopsi pendekatan ESG akan memungkinkan untuk memerangi pemanasan global, menjaga keanekaragaman hayati atau mengurangi ketidaksetaraan.

Tapi itu tidak cukup untuk mengatakannya, Anda harus menjelaskannya komentar dan untuk membuktikan bahwa ia bekerja dengan data yang dapat diverifikasi.

Label tidak cukup, kita harus mengangkat kap mesin dan melihat dari dekat.

Kolom ini awalnya muncul di edisi Oktober 2021 Manajemen kekayaan, tanpa ilustrasi, catatan kaki, atau tautan.

Ilustrasi : Shrek, dari Mike Mitchell

Author: wpadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *