Sampai jumpa 2021 | Philippe Maupas, CFA

Karena tidak memiliki keterampilan meramalkan atau selera untuk prediksi, saya hanya akan melihat ke kaca spion.

Apa yang harus diingat dari tahun 2021? 4 tema utama dan subjek yang sangat memalukan dengan hati-hati diletakkan di bawah karpet.

Di ESG Anda akan menjadi

Larry Fink, bos BlackRock, mengatakannya dengan benar pada tahun 2020: karena risiko iklim adalah risiko investasi, manajer aset terkemuka dunia akan menempatkan keberlanjutan sebagai inti dari proses investasinya.

Selamatkan planet ini dengan lebih banyak lagi portofolio LST! Mari kurangi ketimpangan! Lindungi keanekaragaman hayati!

Jika Anda bukan SFDR 8 atau SFDR 9, Anda akan kesulitan mengumpulkannya! label SRI! Label sirip hijau! Label bendera mewah!

Adapun dampak dana ESG dalam kehidupan nyata, hampir nol. Terlepas dari itu, hal utama adalah menempatkan portofolio Anda sesuai dengan nilai-nilai Anda, dan kemudian itu memungkinkan Anda untuk menjual.

Untuk tema Anda akan mengekspos diri Anda sendiri

Garis hidup kedua untuk manajemen aktif, tema. Jelas untuk masa depan, pasti mengganggu, mereka memiliki kekuatan yang jelas: karena itu adalah masa depan, itu akan naik!

Terlepas dari apa pun Bintang fajar telah menunjukkan sejarah kinerja dana tematik yang sangat buruk, karena Anda diberitahu bahwa itu adalah masa depan!

Energi terbarukan! Kota pintar! Biotek! Ruang angkasa ! Metaverse! Blockchain!

Dasar-dasar yang akan Anda abaikan

2021 melihat kemenangan dari apa yang saya sebut keuangan -2.0, diwujudkan oleh stok meme, kripto, SPAC, dan NFT.

Arus kas sudah ketinggalan zaman. Penilaian adalah sesuatu baby boomer. Masa depan terletak pada jejaring sosial, dengan grup r / WallStreetBets daripada dengan sertifikasi CFA.

Itu stok meme, saham-saham dengan fundamental buruk inilah yang membuat kelompok menjadi tergila-gila yang meningkatkan nilainya. GameStop dan AMC adalah dua contoh terkenal, Robinhood, pelopor pialang “gratis” di Amerika Serikat, adalah fasilitator yang hebat.

Untuk crypto, NFT atau SPAC bahkan lebih buruk, tidak ada fundamental.

Di sisi Anda akan menyerah

Tema keempat saat ini muncul, tetapi saya yakin itu akan menjadi subjek komersial besar tahun 2022: aset swasta, dan khususnya dana ekuitas swasta, yang telah memberikan kinerja masa lalu yang lebih unggul daripada pasar publik, dengan sedikit volatilitas, adalah masa depan distribusi produk keuangan.

Hal yang baik, mereka menjadi lebih mudah diakses di Prancis. Sejarah kinerja yang menyanjung, imobilisasi modal yang lama, impian bagi distributor yang dibayar dengan retrosesi.

H2 apa?

Adapun subjek memalukan yang dengan hati-hati diletakkan di bawah permadani oleh ekosistem distribusi yang benar-benar gagal, tentu saja dari H2O AM.

Sudah lebih dari 14 bulan yang telah diasingkan di 7 kantong samping lebih dari 1,6 miliar euro berdasarkan penilaian Oktober 2020, tanpa informasi serius apa pun yang diberikan oleh perusahaan manajemen.

Perusahaan asuransi yang membandingkan dana H2O AM selama kinerja masa lalu mereka yang luar biasa tampaknya tidak mengambil tindakan setelah publikasi pada Juni 2019 dari artikel dari Waktu keuangan mengungkapkan adanya surat berharga tidak likuid yang diterbitkan oleh perusahaan yang dikendalikan oleh Tennor, perusahaan induk Lars Windhorst. Sejak penciptaan kantong samping pada Oktober 2020, radio hening.

Adapun penasihat keuangan yang memuja H2O, itu membuat Anda bertanya-tanya apakah mereka pernah mendengarnya.

Saya berharap kedua regulator terkait, FCA di Inggris dan AMF di Prancis, akan memiliki informasi untuk dibagikan pada tahun 2022.

ETF atas segalanya

Saya tidak dapat menyimpulkan tanpa menyebutkan ETF, kemenangan planet pada tahun 2021 dengan aliran masuk bersih lebih dari $ 1 triliun.

Untungnya, penasihat investasi keuangan Prancis, yang pada akhir tahun 2020 adalah 7% independen dalam arti MIF2 (melawan 6% pada tahun 2019), dengan gagah berani membuat penghalang tubuh mereka untuk menahan penjajah.

Selamat Tahun Baru 2022!

Kolom ini awalnya muncul di edisi Januari 2022 Manajemen kekayaan, tanpa ilustrasi, catatan kaki, atau tautan.

Ilustrasi : twitter/@elonmusk

Author: wpadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published.